ads

Advertising

ads

Perspektif Sosiokultural Topik 6

Aksi Nyata

Topik 6 – Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran ?

Pada bagian 'Mulai Dari Diri', saya diminta untuk menonton video tentang pendidikan di suatu desa yang disebut dengan Bumi Petani, saya diminta untuk mengingat kembali dan membandingkan pendidikan yang pernah saya alami dahulu dengan video tersebut serta diminta untuk menjawab dua buah pertanyaan refleksi sebelum memulai topik ini. Yang saya pikirkan sebelum memulai proses pembelajaran adalah Membahas mengenai Isu - Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran dalam perspektif sosial, ekonomi, politik dan budaya berarti mengajak kita untuk menelaah serta mencari solusi terhadap isu - isu yang terjadi pada pendidikan di Indonesia.

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini ?

Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan teori belajar Vygotsky, saya menjadi lebih sadar akan pentingnya memperhatikan aspek-aspek tersebut dari berbagai perspektif. Saya belajar untuk melihat isu-isu ini tidak hanya melalui lensa pendidikan semata, tetapi juga melalui perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Dengan memahami kompleksitas sistem pendidikan dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang, saya menyadari bahwa solusi yang efektif memerlukan pendekatan holistik yang mempertimbangkan aspek-aspek tersebut secara bersamaan. Dengan melihat isu-isu pendidikan dari perspektif sosial membantu saya memahami bagaimana interaksi antarindividu dan kelompok dapat memengaruhi proses pembelajaran. Sementara itu, sudut pandang budaya membuka wawasan terhadap perbedaan nilai, norma, dan praktik pembelajaran yang dapat memengaruhi pengalaman belajar siswa. Perspektif ekonomi dan politik juga memberikan pemahaman tentang dampak kebijakan pendidikan dan distribusi sumber daya terhadap akses dan kualitas pendidikan. Dengan memadukan semua perspektif ini, guru dapat mengembangkan pendidikan yang lebih berkeadilan dan bermakna, mengakui dan mengatasi kompleksitas tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran.

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?

Saya dan rekan-rekan saya saling berdiskusi melalui berbagai gagasan dan pandangan masing-masing anggota kelompok, disini saya mendapatkan wawasan dan pemahaman baru mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan. Perbedaan dan persamaan pendapat dalam kelompok, memberikan pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi saya sebagai calon pendidik, dan ini mempersiapkan bekal saya dalam menghadapi tantangan terkait isu-isu ini di masa depan.

 Selain itu juga berdiskusi mengenai kesiapan kami sebagai calon pendidik ketika ditugaskan untuk mengajar dengan memperhatikan latar belakang peserta didik.

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)

Salah satu kelompok diminta untuk mepresentasikan hasil diskusinya pada bagian ruang kolaborasi dan kelompok lain memberikan tanggapan serta pertanyaan terkait perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Hal ini berguna untuk menambah wawasan dan sudut pandang saya sebagai calon guru professional terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran dari berbagai referensi dan praktik yang ada serta seberapa pentingnya mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik ini dalam pembelajaran.

Hal penting yang saya pelajari dari proses pembahasan topik ini yaitu saya mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini ?

Sejauh ini hal yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah bahwa perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dimiliki oleh peserta didik sangat memengaruhi keberlangsungan proses pembelajaran dikelas. Hal baru yang saya pelajari dari topik ini adalah dengan memahami karakteristik dan latar belakang sosiokultural peserta didik, dapat memudahkan pendidik dalam menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan untuk merancang proses pembelajaran yang memperhatikan latar belakang sosiokultural peserta didik. Selanjutnya, saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat agar sesuai dengan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari pemahaman mengenai topik ini yaitu sebagai calon pendidik, nantinya saya dapat merancang proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dengan memperhatikan sosiokulturalnya, serta harus selalu membuka wawasan terhadap isu-isu pendidikan yang sedang terjadi pada suatu daerah yang sedang ditempati, bisa berkolaborasi dengan tokoh masyarakat serta komponen pemerintah setempat agar isu-isu pendidikan yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut ?

Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat agar sesuai dengan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain ?

 

 dikoneksi materi saya membuat mindmaping



Aksi Nyata' dimana pada bagian ini saya merefleksi pemahaman saya selama mempelajari topik ini dan manfaat yang dapat saya ambil dari mempelajari topik ini adalah saya menjadi lebih memahami terkait penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran di kelas untuk dapat membantu saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik. Selanjutnya, saya menilai kesiapan saya saat ini dalam skala 1-10 adalah 8,5 karena menurut saya setelah mempelajari topik 1 sampai dengan topik 6, saya telah mendapatkan pemahaman untuk dapat memahami karekteristik setiap peserta didik secara mendalam. Dan yang harus saya persiapkan lebih lanjut untuk saat ini adalah dengan mengasah pengetahuan dan keterampilan saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik dalam proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perspektif Sosiokultural Topik 6"

Posting Komentar