Aksi Nyata
Topik 6 –
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai
proses pembelajaran ?
Pada bagian 'Mulai Dari Diri', saya diminta untuk menonton video tentang
pendidikan di suatu desa yang disebut dengan Bumi Petani, saya diminta untuk
mengingat kembali dan membandingkan pendidikan yang pernah saya alami dahulu
dengan video tersebut serta diminta untuk menjawab dua buah pertanyaan refleksi
sebelum memulai topik ini. Yang saya pikirkan sebelum memulai proses
pembelajaran adalah Membahas mengenai Isu -
Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran dalam perspektif sosial,
ekonomi, politik dan budaya berarti mengajak kita untuk menelaah serta
mencari solusi terhadap isu - isu yang terjadi pada pendidikan di Indonesia.
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam
topik ini ?
Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan
teori belajar Vygotsky, saya menjadi lebih sadar akan pentingnya memperhatikan
aspek-aspek tersebut dari berbagai perspektif. Saya belajar untuk melihat
isu-isu ini tidak hanya melalui lensa pendidikan semata, tetapi juga melalui
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Dengan memahami kompleksitas
sistem pendidikan dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang, saya menyadari
bahwa solusi yang efektif memerlukan pendekatan holistik yang mempertimbangkan
aspek-aspek tersebut secara bersamaan. Dengan melihat isu-isu pendidikan dari
perspektif sosial membantu saya memahami bagaimana interaksi antarindividu dan
kelompok dapat memengaruhi proses pembelajaran. Sementara itu, sudut pandang
budaya membuka wawasan terhadap perbedaan nilai, norma, dan praktik
pembelajaran yang dapat memengaruhi pengalaman belajar siswa. Perspektif
ekonomi dan politik juga memberikan pemahaman tentang dampak kebijakan
pendidikan dan distribusi sumber daya terhadap akses dan kualitas pendidikan.
Dengan memadukan semua perspektif ini, guru dapat mengembangkan pendidikan yang
lebih berkeadilan dan bermakna, mengakui dan mengatasi kompleksitas tantangan
yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran.
Apa yang Anda pelajari lebih
lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?
Saya dan
rekan-rekan saya saling berdiskusi melalui berbagai gagasan dan pandangan
masing-masing anggota kelompok, disini saya mendapatkan wawasan dan pemahaman
baru mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan. Perbedaan dan persamaan
pendapat dalam kelompok, memberikan pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi
saya sebagai calon pendidik, dan ini mempersiapkan bekal saya dalam menghadapi
tantangan terkait isu-isu ini di masa depan.
Selain itu juga berdiskusi mengenai kesiapan kami
sebagai calon pendidik ketika ditugaskan untuk mengajar dengan memperhatikan
latar belakang peserta didik.
Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok
(bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)
Salah
satu kelompok diminta untuk mepresentasikan hasil diskusinya pada bagian ruang
kolaborasi dan kelompok lain memberikan tanggapan serta pertanyaan terkait
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Hal ini
berguna untuk menambah wawasan dan sudut pandang saya sebagai calon guru
professional terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran
dari berbagai referensi dan praktik yang ada serta seberapa pentingnya
mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik ini dalam
pembelajaran.
Hal penting yang saya
pelajari dari proses pembahasan topik ini yaitu saya mendapatkan pemahaman yang
lebih mendalam mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di
sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik.
Sejauh ini, apa yang sudah Anda
pahami tentang topik ini ?
Sejauh
ini hal yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah bahwa perspektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dimiliki oleh peserta didik sangat
memengaruhi keberlangsungan proses pembelajaran dikelas. Hal baru yang saya
pelajari dari topik ini adalah dengan memahami karakteristik dan latar belakang
sosiokultural peserta didik, dapat memudahkan pendidik dalam menentukan
pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan
untuk merancang proses pembelajaran yang memperhatikan latar belakang
sosiokultural peserta didik. Selanjutnya, saya ingin mempelajari lebih lanjut
tentang bagaimana cara menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang tepat agar sesuai dengan latar belakang sosiokultural peserta
didik.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah
dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Kesimpulan yang dapat
saya ambil dari pemahaman mengenai topik ini yaitu sebagai calon pendidik,
nantinya saya dapat merancang proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
dan karakteristik peserta didik dengan memperhatikan sosiokulturalnya, serta harus
selalu membuka wawasan terhadap isu-isu pendidikan yang sedang terjadi pada
suatu daerah yang sedang ditempati, bisa berkolaborasi dengan tokoh masyarakat
serta komponen pemerintah setempat agar isu-isu pendidikan yang dihadapi dapat
terselesaikan dengan baik.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut ?
Saya
ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara menentukan pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat agar sesuai dengan latar
belakang sosiokultural peserta didik.
Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam
mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain ?
Aksi
Nyata' dimana pada bagian ini saya merefleksi
pemahaman saya selama mempelajari topik ini dan manfaat yang dapat saya ambil
dari mempelajari topik ini adalah saya menjadi lebih memahami terkait penerapan
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran di kelas
untuk dapat membantu saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode, dan
teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya,
ekonomi, dan politik peserta didik. Selanjutnya, saya menilai kesiapan saya
saat ini dalam skala 1-10 adalah 8,5 karena menurut saya setelah mempelajari
topik 1 sampai dengan topik 6, saya telah mendapatkan pemahaman untuk dapat
memahami karekteristik setiap peserta didik secara mendalam. Dan yang harus
saya persiapkan lebih lanjut untuk saat ini adalah dengan mengasah pengetahuan
dan keterampilan saya dalam menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi,
dan politik peserta didik dalam proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran
di kelas.
0 Response to "Perspektif Sosiokultural Topik 6"
Posting Komentar