Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia
Nama : Ismoyo Inggit N
Kelas : PPG PGSD
2
Universitas Veteran Bangun
Nusantara Sukoharjo
T3-8 Aksi Nyata
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
1. Mulai
Dari Diri
Apa
yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum mempelajari topik tiga ini
saya berpikir bahwa topik ini berisi
bagaimana cara guru mampu memenuhi
kebutuhan belajar semua peserta didik berdasarkan karakteristik peserta didik.
2. Eksplorasi
Konsep
Apa
yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Konsep yang saya pelajari dari topik 3
ini yaitu mengenai pandangan bahwa
perspektif sosiokultural berpengaruh dalam menunjang pendidikan sehingga
penting bagi guru untuk merancang pembelajaran, merancang
pembelajaran harus sesuai dengan
keberagaman mereka dan mengetahui bahwasannya perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
pembelajaran berpengaruh pada proses pendidikan di seluruh daerah di negeri ini.
3. Ruang
Kolaborasi
Apa yang Anda
pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Mengetahui bagaimana perspektif
dari rekan kelompok mengenai perspektif sosial kultural sebagai budaya sosial
ekonomi dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan
serta mengetaui kesiapan dari masing-masing kelompok dalam menerapkan
pendekatan metode dan teknik dalam perspektif sosial kultural pada peserta
didik. Kami juga saling bertukar pandangan dalam pendapat-pendapat ketika
diskusi, dimana saya dan rekan-rekan mmebuktikan bahwa memang keberagaman itu ada, yang dibuktikan dengan beragamnya pandangan kami
mengenai mengenai pandangan mengenai perspektif sosial,
budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses
pendidikan.
4. Demonstrasi
kontekstual
Apa hal penting
yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama
kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal penting yang saya pelajari saat
berdiskusi adalah dapat menghargai pendapat dari rekan kelompok ada banyak
pandangan dari masing-masing kelompok, menemukan persamaan dan perbedaan tentang perspektif sosial kultural dalam
pendidikan. Dan dengan adanya
penerapan kebijakan baru mengenai kurikulum merdeka ini. Baik dosen maupun
mahasiswa diberikan kemerdekaan dan kebebasan
namun kesimpulannya bahwa dalam prakteknya sebagai seorang guru memang harus
bisa memahami aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dimiliki peserta
didik tujuannya agar guru dapat merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan
peserta didik sehingga konsep kurikulum
merdeka tidak hanya sebatas kata merdeka namun bisa berjalan sesuai apa yang di
maksudkan dalam merdeka belajar.
5. Elaborasi
Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda
pahami tentang topik ini?
Dalam topik ini yang saya pahami
adalah pembelajaran harus mengedepankan
keanekaragamandiantaranya kondisi sosial, budaya, ekonomi dan Politik
dari setiap peserta didik
Apa hal baru yang Anda pahami atau
yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal yang berubah dari pemahaman sebelumnya
adalah pembelajaran harus berorientasi pada latar belakang yang dimiliki
peserta didik dan juga di
laksanakan dengan berpusat,
berpihak dan bermakna bagi peserta didik saya.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih
lanjut?
Hal yang ingin saya pelajari lebih
lanjut adalah mengenai berbagai pandangan dari perspektif sosiokultural
terhadap penerapnnya pada pelayanan peserta didik di sekolah.
6. Koneksi
Antar Materi
Apa yang Anda
pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun
dengan mata kuliah lain?
Saya mendapatkan pemahaman bahwa
pada materi ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah lain seperti pada
pembelajaran Filosofi pendidikan sebagai seorang guru harus mengajak mengikuti
perkembangan zaman dengan memperhatikan aspek sosial budaya ekonomi dan politik.
selanjutnya dalam merancang pembelajaran juga harus berdiferensiasi serta
merancang asesmen berdasarkan kebutuhan
peserta didik. Dan
menurut saya semua memiliki keterkaitan dalam membentuk pembelajaran yang
bermakna, berpihak dan menunjang keberagaman peserta didik.
7. Aksi
Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk
kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat mempelajari materi pada topik 3 ini yaitu saya
akhirnya dapat memahami dan menyiapkan diri guna mengahadapi kondisi
sosiokultural yang beragam dari peserta didik saya kelak. Serta saya menjadi
mengerti bahwa keberagaman sosiokultural tersebut tidak hanya berpengaruh pada
diri peserta didik, namun juga pada proses pembelajaran dan pendidikan di
negeri ini. Skala Kesiapan pada diri saya yaitu 8, karena hampir kesuluruhan
saya sudah memahami materi yang ada pada mata kuliah PPG ini. Kemudian hal ini
kelak akan menjadi bekal yang berguna bagi saya dalam mengajar dikelas. Hal yang nantinya perlu saya siapkan adalah banyak membaca, banyak belajar
hal-hal baru yang mendukung profesi saya, banyak sharing bersama rekan dalam
membahas keberagaman yang dapat saya terapkan pada pembelajaran di kelas serta tak lupa
bersosialisasi dengan akrab pada peserta
didik sehingga mampu memahami peserta didik dengan baik
0 Response to "AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL TOPIK 3"
Posting Komentar