ads

Advertising

ads

AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL TOPIK 3

 Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia

 

Nama   : Ismoyo Inggit N

Kelas   : PPG PGSD 2

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

T3-8 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

 

1.      Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mempelajari topik tiga ini saya berpikir bahwa topik ini berisi bagaimana cara guru mampu memenuhi kebutuhan belajar semua peserta didik berdasarkan karakteristik peserta didik.

 

2.      Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Konsep yang saya pelajari dari topik 3 ini yaitu mengenai pandangan bahwa perspektif sosiokultural berpengaruh dalam menunjang pendidikan sehingga penting bagi guru untuk merancang pembelajaran, merancang pembelajaran harus sesuai dengan keberagaman mereka dan mengetahui bahwasannya perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran berpengaruh pada proses pendidikan di seluruh daerah di negeri ini.

 

3.      Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Mengetahui bagaimana perspektif dari rekan kelompok mengenai perspektif sosial kultural sebagai budaya sosial ekonomi dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan serta mengetaui kesiapan dari masing-masing kelompok dalam menerapkan pendekatan metode dan teknik dalam perspektif sosial kultural pada peserta didik. Kami juga saling bertukar pandangan dalam pendapat-pendapat ketika diskusi, dimana saya dan rekan-rekan mmebuktikan bahwa memang keberagaman itu ada, yang dibuktikan dengan beragamnya pandangan kami mengenai mengenai pandangan mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam  pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan.

 

4.      Demonstrasi kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya pelajari saat berdiskusi adalah dapat menghargai pendapat dari rekan kelompok ada banyak pandangan dari masing-masing kelompok, menemukan persamaan dan perbedaan  tentang perspektif sosial kultural dalam pendidikan. Dan dengan adanya penerapan kebijakan baru mengenai kurikulum merdeka ini. Baik dosen maupun mahasiswa diberikan kemerdekaan dan kebebasan namun kesimpulannya bahwa dalam prakteknya sebagai seorang guru memang harus bisa memahami aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dimiliki peserta didik tujuannya agar guru dapat merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga konsep kurikulum merdeka tidak hanya sebatas kata merdeka namun bisa berjalan sesuai apa yang di maksudkan dalam merdeka belajar.

 

5.      Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Dalam topik ini yang saya pahami adalah pembelajaran harus mengedepankan keanekaragamandiantaranya  kondisi sosial, budaya, ekonomi dan Politik dari setiap peserta didik

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal yang berubah dari pemahaman sebelumnya adalah pembelajaran harus berorientasi pada latar belakang yang dimiliki peserta didik dan juga di laksanakan dengan berpusat, berpihak dan bermakna bagi peserta didik saya.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah mengenai berbagai pandangan dari perspektif sosiokultural terhadap penerapnnya pada pelayanan peserta didik di sekolah.

 

6.      Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Saya mendapatkan pemahaman bahwa pada materi ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah lain seperti pada pembelajaran Filosofi pendidikan sebagai seorang guru harus mengajak mengikuti perkembangan zaman dengan memperhatikan aspek sosial budaya ekonomi dan politik. selanjutnya dalam merancang pembelajaran juga harus berdiferensiasi serta merancang asesmen  berdasarkan kebutuhan peserta didik.  Dan menurut saya semua memiliki keterkaitan dalam membentuk pembelajaran yang bermakna, berpihak dan menunjang keberagaman peserta didik. 

 

7.      Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat mempelajari materi pada topik 3 ini yaitu saya akhirnya dapat memahami dan menyiapkan diri guna mengahadapi kondisi sosiokultural yang beragam dari peserta didik saya kelak. Serta saya menjadi mengerti bahwa keberagaman sosiokultural tersebut tidak hanya berpengaruh pada diri peserta didik, namun juga pada proses pembelajaran dan pendidikan di negeri ini. Skala Kesiapan pada diri saya yaitu 8, karena hampir kesuluruhan saya sudah memahami materi yang ada pada mata kuliah PPG ini. Kemudian hal ini kelak akan menjadi bekal yang berguna bagi saya dalam mengajar dikelas.  Hal yang nantinya perlu saya siapkan adalah banyak membaca, banyak belajar hal-hal baru yang mendukung profesi saya, banyak sharing bersama rekan dalam membahas keberagaman yang dapat saya terapkan pada pembelajaran di kelas serta tak lupa bersosialisasi dengan  akrab pada peserta didik sehingga mampu memahami peserta didik dengan baik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL TOPIK 3"

Posting Komentar