ads

Advertising

ads

T5-8 Aksi Nyata

Perspektif Sosiokultural

 

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Yang saya pikirkan terkait topik ini sebelum memulai proses pembelajaran adalah macam-macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang berfokus pada rentang keterampilan atau pengetahuan di mana seorang individu peserta didik yang memerlukan bantuan atau bimbingan ahli (guru) atau orang tua untuk mencapai kemampuan yang lebih tinggi.

 

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawab: Pada topik Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD dapat memberikan dampak yang positif pada proses pendidikan dan pembelajaran.saya mempelajari tentang menganalisis dan menguraikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD, merancang dan memodifikasi pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD (tugas), merancang dan memodifikasi materi mengajar yang menerapkan Scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development, dan menganalisis dan menyimpulkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD

melihat dari apa yang saya alami semasa sekolah saya melihat masih banyak guru yang menganggap kemampuan peserta didik di kelas itu sama , ketika ada masalah tidak ditelaah terlebih dahulu. Oleh karena itu perlu melakukan identifikasi dan observasi bahkan perlu juga melakukan asesmen awal guna mengetahui kesiapan, kondisi, kebutuhan belajar, kemampuan, hambatan dan latar belakang setiap peserta didik saya. 

 

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?

saya dan rekan-rekan saling belajar bersama, berdiskusi dan bertukar pendapat mengenai konsep pembelajaran pada ZPD peserta didik, bagaimana cara menyiapkan diri dalam mengajar pembelajaran yang menerapkan ZPD, apa saja yang perlu disiapkan selain persiapan diri (fasilitas dll), berdiskusi persamaan dan perbedaan mengajar pembelaran dan mengajar pembelajaran secara ZPD, bahkan saya dan rekan-rekan mempelajari macam-macam pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada pembelajaran ZPD

 

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri) ?

Dalam  kurikulum merdeka Baik dosen maupun mahasiswa diberikan kemerdekaan dan kebebasan. Kami pun dapat berdiskusi dengan cara masing-masing dan menemukan solusi dari masalah atau pertanyaan yang disajikan dosen, yang tentunya memudahkan kami dalam memahami materi pada topik 5 ini. Pada topik 5 ini saya dan rekan-rekan mempelajari dan bertukar pandangan masing-masing mengenai mengenai macam-macam Pendekatan, strategi, metode dan teknik Pembelajaran sebagai Scaffolding pada penerapan pembelajaran Zone of Proximal Development (ZPD).

Saya juga belajar untuk menyajikan hasil pemikiran kami dengan cara yang menarik, singkat dan informatif. Kemudian secara berkelompok, kami melakukan presentasi. Dengan kegiatan presentasi ini, saya dapat menambah penguasaan materi dan pandangan yang lebih luas dari penyajian kelompok yang lain terkait dengan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran Scaffolding pada ZPD peserta didik.

 

 

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini ?

dari pemahaman saya, Scaffolding pada ZPD peserta didik memerlukan kerjasama banyak pihak. Dalam memaksimalkan kemampuan potensial untuk dapat mencapai tingkat perkembangan proksimal peserta didik dalam belajar. Ada peran guru, keluarga dan masyarakat untuk memaksimalkan kemampuan potensial peserta didik dalam belajar.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

mengenai implementasi pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD ternyata tidak sulit dalam penerapannya apabila kita telah mempelajari secara mendalam menganai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran Scaffolding pada ZPD yang dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak lain seperti teman sebaya peserta didik dan guru lain. 

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut ?

Bagaimana cara untuk menerapakan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD pada peserta didik yang jumlahnya sangat banyak dan mengetahui kemampuan dasar peserta didik dengan cepat ?

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain ?

Pada koneksi materi ini saya membuat keterkaitan materi dengan mata kuliah lain dalam bentuk infografis



Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru ?

Sebagai seorang calon guru, manfaat topik ini untuk saya adalah saya bisa memahami peserta didik saya dengan baik, mulai dari kemampuan dasarnya dan tujuannya dalam belajar. Saya juga bisa berlatih kolaborasi dengan guru lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Saya juga bisa mengoreksi diri saya, apa perilaku yang perlu saya ubah untuk bisa menjadi role model bagi peserta didik saya.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

kesiapan saya berada di skala 8, karena masih terdapat beberapa hal yang harus saya pelajari lebih mendalam untu menyempurnakan kemampuan saya.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

banyak belajar hal-hal baru mengenai macam-macam pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sebagai serta bahan pengajaran yang lebih berpusat pada peserta didik. Sehingga nantinya dalam melakukan implementasi di kelas dapat memperoleh hasil yang sejalan dengan visi saya sebagai seorang guru professional.

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar