T5-8 Aksi Nyata
Perspektif Sosiokultural
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini
sebelum memulai proses pembelajaran?
Yang saya pikirkan terkait topik ini sebelum memulai proses pembelajaran
adalah macam-macam pendekatan, strategi, metode,
dan teknik pembelajaran yang berfokus pada rentang keterampilan atau
pengetahuan di mana seorang individu peserta didik yang memerlukan bantuan atau
bimbingan ahli (guru) atau orang tua untuk mencapai kemampuan yang lebih tinggi.
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari
dalam topik ini?
Jawab: Pada
topik Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD dapat
memberikan dampak yang positif pada proses pendidikan dan pembelajaran.saya
mempelajari tentang menganalisis dan menguraikan pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD,
merancang dan memodifikasi pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD (tugas), merancang
dan memodifikasi materi mengajar yang menerapkan Scaffolding pada ‘Zone of
Proximal Development, dan menganalisis dan menyimpulkan pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD
melihat dari apa yang saya
alami semasa sekolah saya melihat masih banyak guru yang menganggap kemampuan
peserta didik di kelas itu sama , ketika ada masalah tidak ditelaah terlebih
dahulu. Oleh karena itu perlu
melakukan identifikasi dan observasi bahkan perlu juga melakukan asesmen awal
guna mengetahui kesiapan, kondisi, kebutuhan belajar, kemampuan, hambatan dan
latar belakang setiap peserta didik saya.
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama
dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?
saya dan
rekan-rekan saling belajar bersama, berdiskusi dan bertukar pendapat mengenai konsep
pembelajaran pada ZPD peserta didik, bagaimana cara menyiapkan diri dalam
mengajar pembelajaran yang menerapkan ZPD, apa saja yang perlu disiapkan selain
persiapan diri (fasilitas dll), berdiskusi persamaan dan perbedaan mengajar
pembelaran dan mengajar pembelajaran secara ZPD, bahkan saya dan rekan-rekan
mempelajari macam-macam pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran
sebagai scaffolding pada pembelajaran ZPD
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi,
rekan, dan diri sendiri) ?
Dalam kurikulum
merdeka Baik dosen maupun mahasiswa diberikan kemerdekaan dan kebebasan. Kami
pun dapat berdiskusi dengan cara masing-masing dan menemukan solusi dari
masalah atau pertanyaan yang disajikan dosen, yang tentunya memudahkan kami
dalam memahami materi pada topik 5 ini. Pada topik 5 ini saya dan rekan-rekan
mempelajari dan bertukar pandangan masing-masing mengenai mengenai macam-macam
Pendekatan, strategi, metode dan teknik Pembelajaran sebagai Scaffolding pada
penerapan pembelajaran Zone of Proximal Development (ZPD).
Saya juga belajar untuk menyajikan
hasil pemikiran kami dengan cara yang menarik, singkat dan informatif. Kemudian
secara berkelompok, kami melakukan presentasi. Dengan kegiatan presentasi ini,
saya dapat menambah penguasaan materi dan pandangan yang lebih luas dari
penyajian kelompok yang lain terkait dengan pendekatan, strategi, metode dan
teknik pembelajaran Scaffolding pada ZPD peserta didik.
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang
topik ini ?
dari pemahaman saya, Scaffolding pada ZPD peserta didik memerlukan kerjasama banyak pihak.
Dalam memaksimalkan kemampuan potensial untuk dapat mencapai tingkat
perkembangan proksimal peserta didik dalam belajar. Ada peran guru, keluarga
dan masyarakat untuk memaksimalkan kemampuan potensial peserta didik dalam
belajar.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari
pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
mengenai implementasi pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD ternyata tidak sulit dalam penerapannya apabila kita telah
mempelajari secara mendalam menganai pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran Scaffolding pada ZPD yang dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak
lain seperti teman sebaya peserta didik dan guru lain.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut ?
Bagaimana cara untuk menerapakan
pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai
Scaffolding pada ZPD pada peserta didik yang jumlahnya sangat banyak dan mengetahui
kemampuan dasar peserta didik dengan cepat ?
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar
materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain ?
Pada koneksi materi ini saya
membuat keterkaitan materi dengan mata kuliah lain dalam bentuk infografis
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan
Anda sebagai guru ?
Sebagai seorang calon guru,
manfaat topik ini untuk saya adalah saya bisa memahami peserta didik saya
dengan baik, mulai dari kemampuan dasarnya dan tujuannya dalam belajar. Saya
juga bisa berlatih kolaborasi dengan guru lainnya untuk mencapai tujuan
pendidikan. Saya juga bisa mengoreksi diri saya, apa perilaku yang perlu saya
ubah untuk bisa menjadi role model bagi peserta didik saya.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini,
dalam skala 1-10? Apa alasannya?
kesiapan saya berada di skala 8, karena masih terdapat beberapa hal
yang harus saya pelajari lebih mendalam untu menyempurnakan kemampuan saya.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk
bisa menerapkannya dengan optimal?
banyak belajar hal-hal baru mengenai macam-macam pendekatan, strategi,
metode dan teknik pembelajaran sebagai serta
bahan pengajaran yang lebih berpusat pada peserta didik. Sehingga nantinya
dalam melakukan implementasi di kelas dapat memperoleh hasil yang sejalan
dengan visi saya sebagai seorang guru professional.
0 Response to " "
Posting Komentar