Nama :
Ismoyo Inggit N
Kelas :
PPG PGSD 2
Mata Kuliah :
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
1. Mulai
dari diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik
ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pemebelajarn
dalam topik saya memikirkan bahwa perspektif
sosiokultural setiap orang berbeda. Perbedaan tersebut dapat disebabkan oleh
berbagai factor ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Namun setelah mempelajari
topik ini, SES suatu keluarga juga dapat mempengaruhi tingkat perspektif
seseorang. Status SES yang tinggi dapat membuat peserta didik memperoleh
pendidikan dengan maksimal
2. Eksplorasi
Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep
yang Anda pelajari dalam topik ini?
Tentang aktivitas sosial dan
interaksi orang dewasa-anak membentuk dasar sosialisasi kognitif. Sejauh mana
aktivitas sehari-hari berbeda menurut status sosioekonomi (SES) yang selalu
berkaitan. Orang dewasa dalam pekembangan anak turut membantu perkembangan anak
yang lebih baik salah satunya dapat melalui pemberian motivasi. Meskipun ruang
lingkup topik membatasi sejauh mana topik ini dapat dieksplorasi, sampel
penelitian diperiksa dan dirangkum dalam struktur yang disediakan oleh
Cultural-Historical Activity Theory (CHAT), bersama dengan contoh penelitian
interaksi orang dewasa-anak dilihat dari perspektif CHAT. CHAT dicirikan oleh
perkembangan dan analisis sosial tindakan manusia yang umumnya dimediasi oleh
alat budaya yang berbeda. Dalam hal tersebut adanya perbedaan antar SES dalam
pekembangan anak, perbedaan yang dipengaruhi oleh budaya, etnis, kebangsaan, dan
keterkaitan dengan perkembangan sosio-emosional anak.
3. Ruang
Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut
bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Bersama
kelompok saya mendalami perspektif sosiokultural lebih luas lagi. Dalam hal ini
kami menganalisis 3 kasus yang dimuat didalam buku cerita. Kami juga
menganalisis faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam cerita-cerita
tersebut dan pembelajaran apa yang dapat diperoleh dari hasil analisis ketiga
kasus tersebut.
Dari ketiga bacaan tersebut saya terinspirasi sebagai seorang guru yang selalu mementingkan Pendidikan dan seberapa besar usaha untuk mewujudkan karakter anak yang tanpa lupa untuk menanamkan nilai-nilai keberagaman budaya, dan akan berusaha menjadi guru yang berkualitas dalam Pendidikan di Indonesia. Keberagaman setiap daerah juga berbeda, artinya, setiap pendidik juga memilki cara yang berbeda untuk menentukan strategi, model, metode yang digunakan. Tetapi dengan tujuan sama, membentuk kararter peserta didik dan peserta didik harus memiliki hak yang sama.
4. Demonstrasi
Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari
dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa
tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Dalam demonstrasi Kontekstual ini,
setelah berdiskusi tentunya setiap kelompok mampu mempresentasikan hasil dari
diskusinya. Dalam hal ini tentunya sangat menarik karena setiap masing-masing
selalu mendapatkan ide untuk di tuangkan dalam proses presntasi yang sedang
berlangsung. Tidak lupa kami saling mengevaluasi presentasi dari kelompok lain
saat pemaparan materi. Saat proses evaluasi kami saling berbagi pendapat,
berkomunikasi dan saling membantu satu sama lain untuk mendaptkan nilai-nilai
penting dalam kolaborasi dan demontrasi.
Dari
materi presentasi tersebut dapat dijadikan pembelajran untuk mengatasi masalah
yang akan dihadapi guru kedepannya.
5. Elaborasi
Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda
pahami tentang topik ini?
Dalam materi ini saya menukan banyak
meteri baru yang dapat saya pahami terutama dalam factor SES dan CHAT yang
dimana sangat mempengeruhi pekembangan anak. peran tokoh disekitar kita sangat
penting dalam proses perkembangan individu terutama peran dari orang tau, guru,
teman dan masyarakat. Adapun latar belakakng peserta didik yang berbeda-beda
dapat dijadikan pedoman bagaimana menerpakan pemebelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan dari perseta didik.
Apa hal baru yang Anda pahami atau
yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baru yang saya dapat pelajari
adalah SES selalu berkaitan dalam hal interaksi, sosialisasi anatar orang
dewasa dan anak-anak dan budaya menjadi factor perkambangan anak. orang dewasa
dan masyarakat memiliki peran penting dalam perkembangan anak agar menjadi
lebih baik dan dapat selalu memberikan motivasi setiap individu.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih
lanjut?
Saya ingin mengetahui bagaiaman
strategi dan kangkah yang dapat saya lakukan apabila dihadapkan pada masalah
SES agar saya dapat mempesiapkan dan menerapkan pempembelajaran yang sesuai
dengan kebutuhan siswa.
6. Koneksi
Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi
antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah
lain?
Saya mengetahui bahwa meteri status
sosial ekonomi (SES) memiliki keterkaitan dengan meteri dari mata kuliah yang
sudah saya buat infograsinya pada ruang koneksi antar materi. Sebgai contohnya
adanya keterkaitannya dengan filosofi Pendidikan yang dimana pemikiran Ki Hajar
Dewanatara yang menytakan bahwa dasar Pendidikan anak berhungan dengan kdorat
alam dan kodrat zaman. Berdasarkan hal tersebut kergaman peserta didik baik
dari latar belakang sosisal, budaya, politik danekonomi tetap berhak
mendapatkan Pendidikan yang sama. Sehingga sebagai seorang guru berdasarkan
pembelajaran tersebut kita harus dapat bersikap netral terhadap peserta didik
atau tdiak membeda-bedakan.
7. Aksi
Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk
kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat
dari pembelajaran ini adalah untuk memahami latar belakang siswa, lebih
memahami kebutuhan siswa, pembelajaran lebih inklusif dan tanpa memandang dari
kondisi ekonomi siswa. Pembelajaran juga bersifat adil dan merata.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda
saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Nilai kesiapan saya dalam hal ini
adalah 8, karena saya baru memperlajari materi ini dan saya belum menerapkannya
dalam proses pemebelajaran dikelas.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih
lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Yang saya perlu pelajari adalah psikologi anak yang terpengaruh dari kondisi lingkungan dan SES. Dengan mempelajari psikologi anak, lebih memudahkan untuk menentukan langkah yang sesuai.
0 Response to "AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL TOPIK 2"
Posting Komentar