ads

Advertising

ads

AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL TOPIK 2

 

Nama             : Ismoyo Inggit N

Kelas               : PPG PGSD 2

Mata Kuliah : Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

1.       Mulai dari diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pemebelajarn dalam topik saya memikirkan bahwa perspektif sosiokultural setiap orang berbeda. Perbedaan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai factor ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Namun setelah mempelajari topik ini, SES suatu keluarga juga dapat mempengaruhi tingkat perspektif seseorang. Status SES yang tinggi dapat membuat peserta didik memperoleh pendidikan dengan maksimal

2.       Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Tentang aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa-anak membentuk dasar sosialisasi kognitif. Sejauh mana aktivitas sehari-hari berbeda menurut status sosioekonomi (SES) yang selalu berkaitan. Orang dewasa dalam pekembangan anak turut membantu perkembangan anak yang lebih baik salah satunya dapat melalui pemberian motivasi. Meskipun ruang lingkup topik membatasi sejauh mana topik ini dapat dieksplorasi, sampel penelitian diperiksa dan dirangkum dalam struktur yang disediakan oleh Cultural-Historical Activity Theory (CHAT), bersama dengan contoh penelitian interaksi orang dewasa-anak dilihat dari perspektif CHAT. CHAT dicirikan oleh perkembangan dan analisis sosial tindakan manusia yang umumnya dimediasi oleh alat budaya yang berbeda. Dalam hal tersebut adanya perbedaan antar SES dalam pekembangan anak, perbedaan yang dipengaruhi oleh budaya, etnis, kebangsaan, dan keterkaitan dengan perkembangan sosio-emosional anak.

3.       Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Bersama kelompok saya mendalami perspektif sosiokultural lebih luas lagi. Dalam hal ini kami menganalisis 3 kasus yang dimuat didalam buku cerita. Kami juga menganalisis faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam cerita-cerita tersebut dan pembelajaran apa yang dapat diperoleh dari hasil analisis ketiga kasus tersebut.

Dari ketiga bacaan tersebut saya terinspirasi sebagai seorang guru yang selalu mementingkan Pendidikan dan seberapa besar usaha untuk mewujudkan karakter anak yang tanpa lupa untuk menanamkan nilai-nilai keberagaman budaya, dan akan berusaha menjadi guru yang berkualitas dalam Pendidikan di Indonesia. Keberagaman setiap daerah juga berbeda, artinya, setiap pendidik juga memilki cara yang berbeda untuk menentukan strategi, model, metode yang digunakan. Tetapi dengan tujuan sama, membentuk kararter peserta didik dan peserta didik harus memiliki hak yang sama.

4.        Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dalam demonstrasi Kontekstual ini, setelah berdiskusi tentunya setiap kelompok mampu mempresentasikan hasil dari diskusinya. Dalam hal ini tentunya sangat menarik karena setiap masing-masing selalu mendapatkan ide untuk di tuangkan dalam proses presntasi yang sedang berlangsung. Tidak lupa kami saling mengevaluasi presentasi dari kelompok lain saat pemaparan materi. Saat proses evaluasi kami saling berbagi pendapat, berkomunikasi dan saling membantu satu sama lain untuk mendaptkan nilai-nilai penting dalam kolaborasi dan demontrasi.

Dari materi presentasi tersebut dapat dijadikan pembelajran untuk mengatasi masalah yang akan dihadapi guru kedepannya.

5.       Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Dalam materi ini saya menukan banyak meteri baru yang dapat saya pahami terutama dalam factor SES dan CHAT yang dimana sangat mempengeruhi pekembangan anak. peran tokoh disekitar kita sangat penting dalam proses perkembangan individu terutama peran dari orang tau, guru, teman dan masyarakat. Adapun latar belakakng peserta didik yang berbeda-beda dapat dijadikan pedoman bagaimana menerpakan pemebelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dari perseta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya dapat pelajari adalah SES selalu berkaitan dalam hal interaksi, sosialisasi anatar orang dewasa dan anak-anak dan budaya menjadi factor perkambangan anak. orang dewasa dan masyarakat memiliki peran penting dalam perkembangan anak agar menjadi lebih baik dan dapat selalu memberikan motivasi setiap individu.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Saya ingin mengetahui bagaiaman strategi dan kangkah yang dapat saya lakukan apabila dihadapkan pada masalah SES agar saya dapat mempesiapkan dan menerapkan pempembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

6.       Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Saya mengetahui bahwa meteri status sosial ekonomi (SES) memiliki keterkaitan dengan meteri dari mata kuliah yang sudah saya buat infograsinya pada ruang koneksi antar materi. Sebgai contohnya adanya keterkaitannya dengan filosofi Pendidikan yang dimana pemikiran Ki Hajar Dewanatara yang menytakan bahwa dasar Pendidikan anak berhungan dengan kdorat alam dan kodrat zaman. Berdasarkan hal tersebut kergaman peserta didik baik dari latar belakang sosisal, budaya, politik danekonomi tetap berhak mendapatkan Pendidikan yang sama. Sehingga sebagai seorang guru berdasarkan pembelajaran tersebut kita harus dapat bersikap netral terhadap peserta didik atau tdiak membeda-bedakan.

7.       Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat dari pembelajaran ini adalah untuk memahami latar belakang siswa, lebih memahami kebutuhan siswa, pembelajaran lebih inklusif dan tanpa memandang dari kondisi ekonomi siswa. Pembelajaran juga bersifat adil dan merata.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Nilai kesiapan saya dalam hal ini adalah 8, karena saya baru memperlajari materi ini dan saya belum menerapkannya dalam proses pemebelajaran dikelas.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Yang saya perlu pelajari adalah psikologi anak yang terpengaruh dari kondisi lingkungan dan SES. Dengan mempelajari psikologi anak, lebih memudahkan untuk menentukan langkah yang sesuai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AKSI NYATA PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL TOPIK 2"

Posting Komentar