ads

Advertising

ads

Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Topik 4

 Aksi Nyata Topik 4 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan di Indonesia



Nama : Ismoyo Inggit N

Kelas : PPG PGSD 2

Pada bagian ‘Mulai Dari Diri’ Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum melalui proses pembelajaran yakni saya sebagai calon guru perlu akan mempelajari lebih mendalam terkait ‘Zone of Proximal Development (ZPD) dalam pembelajaran yang mempengaruhi Pendidikan di indonesia.

Pada bagian ‘Ekplorasi Konsep’ ini, setelah saya membaca dan mempelajari materi konsep berupa Menemukan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Dalam Perspektif Teoritis Vygotsky, Mengidentifikasi (Dan Menjelaskan) Zona Subjektif Perkembangan Proksimal: Peran Imitasi, Perspektif Dan Implikasi (Sebagai Pengganti Ringkasan)

Pada ‘ruang kolaborasi’ saya dengan rekan sekelompok mempelajari tentang berbagi pemikiran masing masing anggota kelompok mengenai pandangan mengenai Pembelajaran pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD)’ yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran.

Hal penting yang dipelajari dari proses ‘demontrasi kontekstual’ yakni bersama rekan kelompok mempresentasikan hasil pemikiran dan diskusi terkait berbagi pemikiran mengenai pandangan mengenai Pembelajaran pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD)’ yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran.

Pada bagian ‘Elaborasi Pemahaman’ hal yang suda saya pahami tentang topik ini adalah ZPD penting dalam pendidikan karena membantu guru mengidentifikasi tingkat tantangan yang sesuai untuk setiap siswa dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka belajar dan berkembang. Dengan memberikan dukungan dalam ZPD, guru dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan baru dan bergerak menuju kemandirian dan penguasaan yang lebih besar.

Pada bagian ‘koneksi antar materi’ ini sayan mengetahui bahwa mata kuliah perspektif sosiokultural ini terhubung/terkoneksi dengan mata kuliah lainnya seperti mata kuliah filosofi Pendidikan Indonesia, pemehaman peserta didik, prinsip pengajaran dan asesmen dan pembelajaran berdeferensiasi agar dapat menganalisis rencana dan materi pembelajaran yang sesuai pada ‘Zone of Proximal Development’ serta menyimpulkan pendekatan, strategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai pada ‘Zone of Proximal Development’.

Dan yang terakhir yaitu ‘Aksi Nyata’ pada bagian ini saya merfleksi pemhaman saya selama mempelajari topik ini dan manfaat pembelajaran ini bagi kesiapan saya sebagai guru dapat Meningkatkan pemahaman tentang kemampuan siswa : Dengan memahami ZPD siswa, guru dapat mengetahui kemampuan siswa dan membantu mereka dalam mencapai potensi terbaik mereka. Meningkatkan kemampuan mengajar : Dengan memahami ZPD siswa, guru dapat menyesuaikan metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa dan membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran. Meningkatkan keterampilan kolaborasi : Pembelajaran ZPD melibatkan kolaborasi antara guru dan siswa, sehingga dapat membantu guru dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi mereka. Meningkatkan mental kesiapan : Pembelajaran ZPD dapat membantu guru dalam mempersiapkan diri mereka secara mental untuk menghadapi tantangan dalam mengajar dan membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan memahami konsep ZPD, guru dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam mengajar dan membantu siswa dalam mencapai potensi terbaik mereka. Kesiapan saya saat ini berada pada skala 8. Alasannya karena dengan mempelajari materi ini saya menyadari bahwa memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan belajar peserta didik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Topik 4"

Posting Komentar